Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 14 Agustus 2009

Scout Birthday


Hari ini tepatnya tanggal 14 Agustus, kita selalu memperingati hari Jadi Pramuka Indonesia. Sekedar untuk mengingatkan kepada kita semua tentang masa-masa kita sekolah dahulu yang aktif dalam kegiatan ke-Pramukaan atau kegiatan Pandu kalo jaman dulu banget.

Masih relevankah kegiatan Pramuka dalam dunia Pendidikan Indonesia saat ini ?

Pada umumnya kegiatan pramuka banyak dilakukan di sekolah-sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar, SMP sampai SMA terutama negeri dan Sekolah Kejuruan atau Pesantren. Namun disaat kita memperingati hari Jadi Pramuka Indonesia ini, kembali kita bertanya, apakah kegiatan ini masih dianggap perlu untuk dunia pendidikan kita?

Kegiatan pramuka sekarang berbeda dengan masa Orde Baru lalu, dimasa Bapak Presiden Soeharto. Saat ini kegiatan pramuka di sekolah-sekolah mungkin hanya sebagai pelengkap saja dalam mata pelajaran extra kurikuler yang secara tidak langsung menjadi wajib untuk diikuti oleh setiap siswa di sekolah.

Makna yang terkandung dalam kegiatan pramuka sendiri sekarang seolah hilang begitu saja, tanpa ada sesuatu yang dapat dibanggakan menjadi suatu kegiatan positif bagi anak-anak kita.

Memang kalo kita perhatikan, kegiatan pramuka itu sendiri belum banyak perubahan yang berarti, masih sekitar ketrampilan dasar, tali-temali, tindakan pertolongan, sampai mengenal terhadap beberapa sandi atau kode untuk kegiatan penjelajahan.

Mungkin kalo boleh kita bilang, kegiatan ini masih sangat tertinggal dibandingkan dengan kondisi saat ini, dimana teknologi sudah sangat maju, dan arus globalisasi juga sudah merambah kesemua aspek termasuk didalamnya kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik.

Kegiatan Pramuka rutin paling hanya sekitar latihan bersama yang diadakan setiap 1 minggu sekali, di sekolah masing-masing, dan setiap tiga bulan sekali diadakan kegiatan Persami di wilayah ranting masing-masing.

Materi yang diberikanpun tidak jauh berbeda dengan materi yang sudah pernah diberikan sebelumnya, dan biasanya, kegiatan rutin minggu ini hanyalah berganti baju saja. Setiap anak diwajibkan menggunakan baju pramuka pada hari tertentu, tanpa ada kegiatan pramuka yang lebih mendalam lagi.

Kalopun ada materi khusus, biasanya adalah pada saat-saat tertentu, seperti menjelang hari jadi Pramuka ini. Baru pembahasan materi lebih diperdalam, dan diadakan waktu khusus tambahan untuk mendalami materi.

Saya tidak tahu apa jadinya kalo Jhon Robert Powell – Bapak Pandu Dunia – masih ada saat ini. Mungkin akan sedikit meringis sedih melihat perkembangan dunia pramuka saat ini.

Pada suatu sekolah tingkat Dasar di pinggiran desa yang jauh dari keramaian, mengadakan kegiatan rutin pramuka. Setiap hari Sabtu seluruh siswanya mengenakan pakaian pramuka. Tapi apa kegiatannya?

Tidak ada, paling hanya proses belajar biasa, tanpa ada kegiatan lebih mendalam soal pramuka. Disamping itu guru yang akan memberikan materi kegiatan pramuka juga, paling berfungsi sebagai Pembina saja, bukan sebagai pelaksana kegiatan pramuka.

Untuk yang terakhir ini, kita harus maklum, karena sebagian besar Pembina, atau juga pelatih pramuka itu adalah mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan alias berperan juga sebagai guru.

Jadi seorang guru itu, selain harus mengajar materi untuk anak-anak, juga harus dapat menjadi pengurus, Pembina sekaligus pelatih pramuka bagi siswanya. Wah….repot juga yah Bapak dan Ibu guru kita ini?

Tapi walau bagaimanapun, kegiatan pramuka tetap harus diadakan disetiap sekolah. Karena ini adalah juga sarana untuk mengembangkan bakat dan ketrampilan anak-anak. Juga untuk ikut mendukung program pemerintah dalam rangka mengatasi kenakalan remaja, dan untuk memberikan mereka kegiatan positif untuk menghindari ancaman bahaya Narkoba.

Yah….untuk sementara ini, kegiatan pramuka masih dipandang sebagai kegiatan positif terutama bagi guru-guru dan sekolah. Karena melalui kegiatan ini maka pihak sekolah dapat memantau langsung perkembangan anak-anaknya.

Bagaimana dengan sekolah Swasta, apakah ada juga kegiatan Pramuka?

Apapun yang terjadi, kita harus mendukung kegiatan pramuka ini sebagai sarana untuk kreatifitas anak-anak kita, Selamat Ulang Tahun Pramuka Indonesia, Tegakkan terus nilai-nilai kepanduanmu, jangan pernah berhenti untuk berbuat baik bagi masyarakat dan bangsa ini.

Salam Pramuka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Beri komentar yang membangun y...